Rabu, 04 Januari 2012

Alert Zone : SENIOR

Masih suka bingung menghadapi tingkah laku para senior? Wajar. Soalnya, sedikit saja kita berbuat salah, kita bisa dipandang sinis ama para senior. Makanya, perlu beberapa trik-trik khusus untuk menghadapi berbagai tipe-tipe senior di sekolah.

Friendly (But Beware!)

Paling asyik memang kalau punya senior yang kayak gini. Mereka gak segan-segan membimbing juniornya dengan cara yang bersahabat. Tapi ingat, dia tetap seorang senior, jadi kita harus tetap jaga sopan santun. Bersahabat? Ya. Tapi belum tentu si senior berpikiran yang sama.

What to do: Selain menjaga sopan santun, the other thing yang mesti kita inget adalah bocoran informasi. Jangan mentang-mentang kita deket sama senior, kita dengan enaknya membocorkan kejelekan teman seangkatan. Selain si senior bakalan nganggep kita gak loyal, kita bisa-bisa dianggep enemy ama teman seangkatan sendiri.

Lalu, kita juga mesti hati-hati sama teman-teman deketnya. Misalnya kita deket ama senior A, belum tentu teman segengnya suka ama kedekatan kita ama senior A. Pinta-pintarlah membaca situasi. Masalah bertambah saat senior yang deket ama kita ternyata cowok ganteng! Haduh, hati-hati tuh, bisa disambit ama senior cewek pemujanya.

Tong Kosong Nyaring Bunyinya

Persis kayak pribahasa di atas, senior tipe ini adalah mereka yang vokal. Tapi hanya vokal dalam urusan suara saja, dan nggak dalam bentuk tindakan. Ciri-cirinya, si senior sering memprovokasi sambil teriak-teriak (misalnya dalam keadaan terpojok, atau saat meledek kita). Contoh, saat lagi tampil di panggung sekolah, mereka meneriakkan, “Huuuuuu!!!!! Pulang aja lo sana!”

What to do: Sakit hati saat mendengar ejekan itu? Memang. Tapi tenang, mereka biasanya hanya berani di mulut aja kok. Terlebih lagi, mereka biasanya hanya berani kalau ada back-up dari teman-temannya. Kalau lagi sendirian, hampir mustahil mereka akan mengeluarkan suara. So, the best act to do is mengacuhkan semua ejekan yang keluar dari mulut mereka. Tapi kita jangan pasang muka jutek, ntar malah tambah semangat mereka ngejek kita. Just put on your poker face!

The Ultimate Mean Bully

Ini tipe senior yang mesti kita waspadain. Dia nggak segan-segan melakukan tindakan bully dengan segala cara! Mulai dari name-calling (mengejek kita dengan sebutan tak pantes), menyebar gosip jahat (misalnya via Twitter dan Facebook), sampai melakukan tindakan fisik.

What to do: Coba pikir sekali lagi, kita punya salah gak sama tuh senior? Kalau ada, perbaiki kesalahan itu. Walaupun senior akan masih tetap mem-bully kita, tapi setidaknya takarannya lebih rendah dibanding sebelumnya. Tapi ada juga senior yang memang mungkin udah hobinya kali, mem-bully orang yang gak salah. Kalau memang seperti itu dan tindakan bullynya udah parah abis, cepat lapor ke guru atau orang tua kita karena itu tindakan yang gak pantes.

Tapi dibalik itu semua, kita pikir, kita pernah salah atau gak sama senior? Dan jangan juga mentang-mentang kita junior peraturan yang kita gak suka kita tentang. And it’s all back to you guys, kamu sebenarnya seorang junior yang baik atau nggak. Coba pikir-pikir deh, pasti dibalik semua tindakan senior, there is a reason hiding it.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar