Rabu, 04 Januari 2012

Susahnya Jadi “Miss Busy”

Pagi sampai siang belajar di sekolah, sore sambung ekskul atau les, malamnya kadang masih mampir sebentar ke tempat nongkrong langganan bareng geng. Weekend pun sudah disibukan dengan acara hang out atau pacaran. Terus waktu buat ngobrol sama papa-mama dan curhat ke kakak-adik gimana? Haduh!

Kita Banyak Kehilangan

Sebenernya nggak ada masalah kalo kita jadi cewek yang super sibuk. Malah bagus kalau kita aktif di berbagai bidang positif. Tapi kalau kita nggak pintar-pintar membagi waktu dengan keluarga, kita bisa kehilangan beberapa hal penting ini :

1. Kabar orang-orang terdekat kita. Kita nggak tahu kalau papa-mama mau liburan ke luar kota. Kita nggak perhatiin kakak kita yang lagi stres gara-gara belajar buat tes masuk kuliah. Yang lebih parah lagi, kita nggak sadar adik kita udah besar dan mulai pacaran. Ya, kita ngak update dengan apa yang dialami orang-orang yang paling kita sayangi.

2. Perhatian. Karena kita cuek ama keluarga, jangan salahin mereka kalau mereka gak perhatian ama kita. Mereka gak pernah nanya kabar kita, bahkan kita lagi sedih atau stres pun mereka cuek karena mereka gak tau.

3. Temen curhat. Dulu kalau ada masalah dikit aja kita langsung curhat ama mama. Terus pertama kali kita jatuh cinta, kakaklah yang ngasih saran gimana caranya pedekate. Terus sama adik, kita sering banget berdiskusi bahkan saling tukeran games dan gadget terbaru. Sekarang? Boro-boro curhat deh, ketemu aja paling pagi waktu sarapan ama malem sebelum tidur.

4. Peristiwa-peristiwa spesial. Kita nggak pernah ikut saat pesta atau arisan keluarga. Nggak hanya ketinggalan cerita lucu, tapi bisa jadi saat ada om atau tante yang bagi-bagi hadiah, kita jadi nggak dapet hadiah deh. Ironinya lagi, keluarga sama sekali gak ngerasa kehilangan kita karena saking jarangnya ikut mereka.

Berikan Waktu Kita

Nggak pengen kan, kita jadi “tersisihkan” ama keluarga sendiri? Makanya sempat-sempatkanlah waktu untuk menyapa, ngobrol, dan hang out bareng mereka. Caranya:

1. Sisihkan waktu khusus. Misalnya sepulang dari les, kita sempatkan waktu untuk ngobrol ama papa-mama dan curhat dari kakak atau adik kita. Apabila salah satu weekend kita sisihkan buat jalan bareng mereka.

2. Komunikasi lancar. Meskipun jarang kelihatan bukan berarti kita nggak bisa komunikasi dengan keluarga. Apalagi dengan kecanggihan teknologi sekarang. Kita bisa seteguran ama kakak dan adik lewat Twitter dan Facebook, ngobrol lama ama mama lewat telepon dan BBM, juga bisa nanyain kabar ke papa lewat SMS.

3. Dahulukan yang lebih penting. Kemampuan kita untuk bisa menentukan prioritas sedang diuji nih. Misalnya, acara nonton bareng temen segeng tabrakan ama ultahnya mama. Ya pastilah kita pilih ultah mama, soalnya nonton bareng temen kan bisa setiap hari.

4. Bicarakan dengan keluarga. Jika semua anggota keluarga kita sama-sama sibuk, berarti kita harus mengobrol dengan mereka untuk mencari cara agar komunikasi dan ketemuan tetap lancar. Katakan kalau kita kangen sama mereka dan bersedia mencocokan jadwal agar bisa sering ketemu.

5. Bikin kejutan. Untuk menebus rasa bersalah kita, coba bikin acara kejutan buat keluarga. Misalnya saat keluarga sedang pergi, kita siapkan pesta di rumah dengan masakan dan hasil dekorasi bikinan sendiri. Lalu kita telepon satu per satu untuk pulang dan pesta bareng-bareng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar