Minggu, 06 November 2011

The Idul Adha Day

Hallo....
Pertama-tama gue mau ngucapin SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA..... Semoga kita bisa saling berbagi di hari yang besar ini... Tapi gue mau ngucapin turut berduka cita juga ama sapi and family, bagi sapi yang dipotong semoga arwahnya diterima di sisi-Nya, amin... Bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan ketabahan dan kekuatan untuk menerima cobaan ini. Maaf ya pi, udah takdir lo tuh, dipotong ama manusia. Maaf ye... :D
Tapi sebenarnya apa sih makna berqurban? Bukankah qurban itu tidak berperikesapian karena membunuh sapi saat semua orang lagi berbahagia? Iya juga sih kalo dipikir-pikir, tapi maksudnya bukan gitu. Gini nih... (Eh, tumben banget gue hari ini mau nyeramahin orang? Ah gak apa-apalah, makhluk halus menceramahi blogger, inovasi 2011 :D)
Jadi, waktu Nabi Ibrahim as. yang merupakan ayah dari Nabi Ismail as. tidur, dia bermimpi (bermimpi apa enggak ya? Aduh lupa sejarahnya gue) dapet perintah dari Allah swt. untuk menyembelih anaknya. Eh, kebayang gak sih lo, anak lo disembelih? Edan kalo lo gak sedih! Aduh kok esmosi sendiri gue? Lanjut ke ceritalah.
Jadi karena bingung dan sedih, Nabi Ibrahim as. nanya ke Nabi Ismail as. Nabi Ibrahim bilang "Wahai anakku, bapak dapet perintah dari Allah swt. untuk menyembelih kamu. Apa pendapat kamu?" Huh, kalo gue yang ditanyain gitu pasti udah ngibrit entah ke mana gue. Udah ah lanjut lagi. Namun karena emang dasarnya udah sholeh banget ini si anak dia bilang gini, "Jika itu perintah dari Allah swt., maka jalankanlah wahai ayahku. Semoga kau mendapatiku dalam keadaan orang-orang yang sabar". Ya Allah, kuntil takut Ya Allah. Tapi Nabi Ismail as. minta syarat waktu motong. Katanya gini "Wahai ayahku, maka sembelihlah aku dengan wajahku membelakangimu. Dan juga, sembelilah aku atas nama Allah swt. niscaya, kau akan bisa melaksanakan perintah ini". Nah masalahnya, istri Nabi Ibrahim as., si Siti Hajar, agak sedikit terkejut waktu itu ngedengernya. Bukan apa coba lo bayangin, kalo lo seorang ibu dan anak kesayangan lo disembelih, masa lo ngerasa seneng? Kesempatan ini, dipake ama si setan (akhirnya kakek buyut gue masuk :D Just kidding) untuk ngehasut si Siti Hajar. Si setan bilang "Wei, Siti Hajar, gak ada cin di dunia ini ibu yang diem ngedenger anaknye mau disembelih. Masa lo diem sih cin?" (Anggaplah setannya banci). Tapi dengan tegas Siti Hajar menjawab "Kalo itu emang perintah Allah, there's nothing that I could do" (anggaplah bahasa Inggris sudah masuk Tanah Arab). Jadi Siti Hajar akhirnya menuruti kehendak Allah swt.
Akhirnya waktu penyembelihan tiba. Nabi Ismail as. udah disusun sedemikian rupa. Pisau udah diasah. Siti Hajar udah berada di tempatnya. Kutang-kutang pun telah diangkat dari jemuran (ini apa coba nganggu banget orang lagi sedih?). Dengan sangat terpaksa, Nabi Ibrahim as. nyembelih Nabi Ismail as. sambil meneteskan air mata dan ngomong "Allah hu akbar!" ("Allah Maha Besar!) Tapi Allah swt. emang Maha Adil, tiba-tiba ajaibnya Nabi Ismail yang tadinya dipotong diganti ama qibas (semacem hewan kayak kambing gitu) dan Nabi Ismail as. udah berdiri di tempat lain, ngeliatin ayahnya. Terus Allah swt. ngasih anak satu lagi ama Nabi Ibrahim as., yaitu Nabi Ishak as. Siti Hajar langsung memeluk dua anaknya itu dan Nabi Ibrahim as. langsung berterimakasih sama Allah swt.
Nah, jadi qurban itu ngajarin kita buat patuh terhadap perintah Allah dan ngejauhin larangannya, karena kedua perbuatan tersebut bakalan ngejauhin kita dari api neraka. Dan juga, Allah swt. pasti ngebales kebaikan kita, kesukarelaan kita sebagai umat muslim dalam berbuat kebaikan. Nah di hari ini kita juga diajarin untuk saling berbagi ama sesama. Kita hari ini mungkin udah ngerelain 1 juta buat beli kambing dan beberapa juta buat beli sapi, tapi kita ikhlas kan belinya? Gak ada rasa nyesel kan buat ngasih duit segitu banyak? Nah, semangat ini yang kita butuhkan untuk menjalani hidup sepanjang tahun. Semangat untuk berbagi kepada sesama, baik yang membutuhkan maupun yang tidak membutuhkan. Ya walaupun berat juga sih kalo mau beli sapi tiap bulan buat qurban tiap tahun, itu mah bikin kantong kering. Ya kita harus tetep berbagi walaupun itu dikit nilainya. Kalo ada sisa duit jajan, bolehlah dikasih ke pengemis, gak ada salahnya kan? Tabungan di akhirat cin.
Tentang gue hari ini, gue berqurban tahun ini, tapi sumpah gak tega gue ngeliat tuh sapi dipotong. Tapi tuh sapi udah mati dengan cara unyu saudara-saudara, unyu! Dia udah ngerelain dirinya biar manusia bisa menjalankan ibadah. Gue cuma bisa bilang, selamat jalan sapi unyu....
Oh iya, udah liat kan video gue nyanyi bunda? Yeah, hasilnya bagus, tapi sumpah suara gue sumbang waktu itu. Dan gue inget waktu itu gue buang ingus di tisu di rumah nada, dan GUE LUPA BUANG TUH TISU! Sungguh unyunya gue.
Gue gak bisa upload short comedy story karena hape mama yang ini susah ngetiknya. Ntar ya, kalo gue sempet. Eh, gue lupa, tadi di rumah nenek gue gue sok-sok unyu gitu jadi pocong (padahal gue kuntil, sungguh suatu dilemma) pake jilbab segiempat gue. Aduh unyu....
Ya udah deh, berhubung gue udah gak tau lagi apa yang mau gue tulis dan apaan yang mau gue lakuin, gue cukupin sampe di sini deh. Wassalam.... *ngilang*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar